Cara Chek Bansos Kemensos di Aplikasi

Download Aplikasi Bansos Kemensos (BLT, Prakerja, BSU dan PKH)

[Tinjau Info BLT Dana Bantuan PPKH]

Aplikasi bansos menghadirkan fasilitas pengecekan penerima bansos secara lebih praktis dan mudah. Pengajuan receiver dan sanggahan juga dapat dilakukan melalui app.

Untuk memulihkan ekonomi akibat pandemi yang terjadi, pemerintah terus berupaya menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Melalui aplikasi bansos,  masyarakat dapat melihat manfaat daftar penerima secara mudah melalui sistem online.

Bantuan ini diharapkan mampu mengembalikan perputaran ekonomi yang terganggu akibat pademi. Ada beberapa jenis bantuan yang diberikan pemerintah sehingga masyarakat harus melakukan pengecekan secara manual untuk mengetahui informasinya.

Tinjau Aplikasi Bansos Masyarakat

Seperti yang diketahui, dampak pandemi mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, daya beli menurun sehingga membuat pengusaha merugi, dan lainnya.

Untuk itu pemerintah dengan Kemensos menggencarkan pembagian bansos agar dapat membantu masyarakat sehingga kondisi perekonomiannya dapat kembali stabil. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap perekonomian nasional.

Aplikasi bansos  berfungsi sebagai sarana yang dapat memberikan informasi terkait dengan kepesertaan bantuan sosial. Dengan mengakses aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui daftar penerima bansos.

Jika tidak terdaftar sebagai penerima manfaat namun merasa memenuhi persyaratan, Anda bisa mengusulkan diri untuk bisa menerima manfaat. App dikemas dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan sehingga tidak akan membuat bingung para pengguna.

Tersedia berbagai pilihan menu yang terdiri dari 9 jenis bantuan yang diberikan pemerintah serta daftar penerima kegunaan.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengetahui jadwal pencairan bansos dan mengetahui jenis bantuan apa saja yang didapatkan. Aplikasi ini dihadirkan untuk dapat mengurangi praktek penipuan oleh beberapa oknum.

Dengan melakukan pengecekan sendiri, Anda bisa mengetahui informasi detail dan melakukan pencairan secara langsung. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk penyampaian bansos agar tepat sasaran.

Macam-Macam Bantuan Sosial Kemensos Untuk Masyarakat

Sebelum melakukan pengecekan melalui aplikasi, Anda perlu mengetahui bansos apa saja yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Setiap bantuan sosial memiliki target penerima dan tujuan yang berbeda.

Dengan adanya bantuan, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya secara baik sehingga dapat menstabilkan kembali kondisi ekonomi yang pulih akibat pademi. Besarnya jumlah bantuan juga berbeda-beda tergantung dari programnya.

Daftar penerima manfaat dapat dicek secara mudah melalui aplikasi bansos. Agar memahaminya secara lebih detail, simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Minyak Goreng BLT

Jumlah bantuan langsung tunai untuk minyak goreng akan diberikan sebesar Rp300 ribu yang dapat dicairkan selama tiga bulan. Besar bantuan yang diperoleh setiap bulan adalah sebesar Rp100 ribu.

Program bantuan ini menyasar 20,65 juga keluarga yang tidak mampu. Agar program bantuan ini dapat tepat sasaran, Kemensos memastikan anggaran bantuan dapat tersalurkan dengan baik dan sesuai dengan target penerimanya.

Daftar manfaat receiver sudah disesuaikan dengan data terpadu kesejahteraan sosial yang telah dimiliki Kemensos. Semua data sudah dipastikan telah tervalidasi sehingga dipastikan sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

2. PKH

PKH atau bantuan keluarga harapan yang menyasar keluarga miskin di Indonesia berdasarkan syarat-syarat tertentu. Berbeda dengan jenis bantuan lainnya yang memiliki nilai santunan sama. Program bantuan keluarga harapan mempunyai bantuan besar yang berbeda-beda.

Hal tersebut ditentukan dari beberapa faktor seperti anggota keluarga lanjut usia, ibu hamil, anak usia dini, dan lainnya. Besarnya nilai bantuan diukur berdasarkan data masyarakat yang dimiliki oleh Kemensos.

Untuk anak yang sekolah di jenjang SD, SMP, dan SMA juga akan menerima bantuan yang berbeda. Diantaranya mulai dari Rp.900 ribu hingga Rp.2,4 juta. Bantuan akan diberikan setiap tahun pada periode pencarian dalam satu bulan atau tiga bulan sekali.

Dalam satu keluarga, maksimal hanya empat orang anggota saja yang bisa mendapatkan bantuan sosial. Cek bansos PKH bisa dilakukan melalui aplikasi cek bansos yang tersedia di Play Store.

3. BLT Dana Desa

Flash News Indonesia
foto bukti bansos

Bantuan sosial ini akan diterima dalam bentuk uang sehingga bisa langsung didapatkan oleh masyarakat miskin yang telah memenuhi syarat. Data penerima bantuan sosial ini merujuk pada buku panduan pendataan BLT sehingga diharapkan tepat sasaran.

Program bantuan ini bertujuan untuk dapat membantu masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama masa pademi, banyak masyarakat yang merasa kesulitan dan akhirnya tidak dapat memenuhi kebutuhan hariannya dengan baik.

Untuk menjaga kesejahteraan masyarakat, pemerintah memberikan bantuan sosial sebesar Rp.300 ribu untuk satu keluarga. Adanya program bantuan ini diharapkan mampu menekan dampak pandemi agar masyarakat bisa tetap hidup dengan baik.

Bantuan uang tunai akan disalurkan dalam periode satu bulan sekali. Pihak terkait akan terjun secara langsung ke lapangan untuk melihat keadaan warga dan akan memberikan bantuan kepada penerima.

4. BPNT

Seperti namanya, Bantuan Pangan Non-Tunai memberikan bantuan berupa berbagai jenis bahan pangan diantaranya seperti telur, minyak goreng, beras, dan lain sebagainya.

Bantuan pangan ini akan diberikan senilai Rp.200 ribu pada setiap pencairannya atau sebesar Rp.2,4 juta untuk setiap tahunnya.

Program bantuan sosial ini memiliki keunikan tersendiri, karena masyarakat yang termasuk dalam penerima manfaat harus membeli bahan pokok pada penjual yang merupakan Bank atau E-Warung yang telah bekerja sama dengan Kemensos.

Dengan begitu, tidak hanya masyarakat miskin saja yang terbantu, namun usaha warung juga bisa merasakan manfaatnya. Pengecekan daftar penerima manfaat dapat dilakukan secara instan melalui aplikasi bansos 2023 .

5. Bantuan Sosial UMKM

Program bantuan satu ini bertujuan untuk dapat memulihkan perekonomian Indonesia pasca pademi dan dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional. BLT UMKM ini akan diberikan sebesar Rp1,2 juta yang menargetkan pada pelaku usaha UMKM.

Dana bantuan yang diberikan secara tunai akan diberikan kepada penerima manfaat yang telah memenuhi syarat tertentu. Pelaku usaha dapat melakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui apakah sebagai penerima manfaat atau tidak.

Jika termasuk penerima, Anda dapat melakukan pencairan dana bantuan di bank yang telah ditentukan. Dengan adanya dana bantuan, kebutuhan operasional usaha yang sebelumnya mungkin mengalami kesulitan dapat terbantu.

Hal tersebut dapat meningkatkan kembali sistem kerja UMKM sehingga mampu mendukung perekonomian nasional. Untuk dapat mengetahui data penerima bansos, bisa dilakukan secara online.

Bagi pelaku usaha yang merasa sesuai dengan persyaratan namun belum menerima manfaat, dapat melakukan pengajuan untuk bisa mendapatkan dana bantuan.

6. Kartu Prakerja

Program bantuan kartu prakerja ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga mampu memiliki modal untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan lebih baik.

Dengan memiliki pekerjaan dan penghasilan yang baik, maka kebutuhan sehari-hari pun dapat terpenuhi secara optimal. Program ini sudah ada sejak pandemi berlangsung.

foto bukti pekerja Ojol

Melalui pelatihan yang akan diberikan, diharapkan masyarakat dapat menambah pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Besarnya dana bantuan untuk program ini adalah sebesar Rp2,4 juta dengan periode pencairan selama 4 bulan.

Pencairan dana bantuan baru bisa dilakukan setelah pelatihan yang dipilih telah selesai. Program kartu prakerja ini menyasar masyarakat sasaran yang menganggur atau belum mendapatkan pekerjaan.

Sambil menunggu, ada baiknya jika menambah skill dengan mengikuti pelatihan dari kartu prakerja ini. Untuk menjadi bagian dari penerima manfaat, Anda harus memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Ketahui dengan baik apa saja syarat yang ditetapkan agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar. Anda bisa melakukan pendaftaran pada saat periode kartu prakerja dibuka.

Jika terpilih, Anda dapat memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan minat sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan banyak manfaat.

Link Download Cek Bansos Kemensos APK Terbaru

Kehadiran aplikasi ini memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk dapat melakukan pemeriksaan terkait informasi penerimaan bansos yang diberikan oleh pemerintah. Ini merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan untuk membantu para masyarakat untuk melakukan pengecekan.

Ukuran file APK tidak terlalu besar dan kompatibel dengan sistem operasi Android minimal versi 4.0+. Pastikan untuk menggunakan perangkat yang sesuai agar proses penggunaan aplikasi dapat berjalan lancar tanpa masalah.

Aplikasi bansos 2023 dapat ditemukan secara mudah sehingga sudah terjamin kualitasnya. Bisa dipastikan app ini sangat aman untuk digunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa langsung mengunduh aplikasi lewat URL di bawah ini.

Unduh tautan:

Detail Aplikasi Cek Bansos
OS Minimum Android 5.0 ke atas
Ukuran 5,3MB
Download Link Apps 1.000.000+
Rating 3.9/5.0 (playstore)

 

Tata Cara Instal Aplikasi Bansos Kemensos

Aplikasi cek bansos sudah tersedia secara resmi pada layanan Play Store sehingga cara menginstallnya tidaklah sulit. Keberadaan app ini di layanan pasar resmi membuktikan bahwa aplikasi diluncurkan secara resmi.

Anda bisa langsung mengunduh dan menginstall aplikasi bansos  untuk mengetahui informasi seputar bantuan sosial yang diberikan pemerintah. langkah Ikuti-langkahnya di bawah ini.

  • Akses layanan Google Play Store yang sudah tersedia di perangkat.
  • Tekan menu Search yang memiliki ikon kaca pembesar.
  • Ketik aplikasi cek bansos .
  • Akan muncul daftar aplikasi yang berkaitan.
  • Pilih aplikasi dari Kemensos . Tekan Install untuk dapat memasangnya langsung ke perangkat.
  • Apabila notifikasi instalasi sudah selesai telah muncul, silahkan langsung membuka aplikasi untuk menggunakannya.

Langkah-Langkah Pengecekan Penerima Bansos Melalui App

Untuk mengetahui informasi detail terkait bantuan sosial yang diberikan pemerintah, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. C ek bansos KTP bisa dilakukan lewat aplikasi. Nantinya Anda diwajibkan untuk mengisi beberapa data untuk proses verifikasi.

Setelah itu, informasi penerima, jumlah, dan jadwal pencairan dapat diketahui secara mendetail. Berikut tata cara pengecekannya.

  • Download aplikasinya melalui Play Store atau lewat link yang sudah diberikan di atas.
  • Klik Buat Akun untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  • Untuk dapat melakukan pengecekan, harus melalui akun.
  • Isi seluruh informasi data diri yang dibutuhkan, mulai dari No KK, KTP, serta data lainnya. Isilah secara lengkap dan pastikan sudah benar sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Lanjutkan dengan mengupload foto KTP dan selfie memegang KTP . Tekan Buat Akun untuk melanjutkan.
  • Pendaftaran membutuhkan proses waktu sekitar 3 hari setelah proses pendaftaran selesai dilakukan.
  • Apabila telah selesai divalidasi, maka aplikasi bisa langsung digunakan untuk mengecek apakah seseorang termasuk dalam kategori penerima manfaat bansos atau tidak.

Panduan Mengecek Dana Bantuan Sosial Melalui App

Penerimaan manfaat telah ditetapkan oleh Kemensos sesuai dengan data yang dimiliki. Jika termasuk dalam kategori penerima bansos, Anda dapat melakukan pencabutan ketika dana bantuan telah cair. Dana yang diterima dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian.

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai penerima manfaat bantuan sosial dan ingin mengecek pencairannya, bisa melakukannya secara mudah melalui aplikasi. Simak caranya seperti di bawah ini.

  • Akses aplikasi cek bansos yang sudah terpasang pada perangkat.
  • Pastikan sudah memiliki akun agar proses pengecekan dapat dilakukan secara mudah.
  • Tekan bagian opsi Cek Bansos .
  • Silahkan isi informasi data diri yang dibutuhkan.
  • Tekan Cek Data untuk memulai proses pencairan.
  • Pilih informasi data yang ingin dicari. Klik pada bagian nama.
  • Informasi terkait penerimaan dana bansos akan segera muncul. Jika dana bantuan sudah cair, kunjungi bank terkait untuk melakukan penarikan.

Panduan Mendaftar Bansos PKH Melalui Aplikasi Bansos

 

Flash News Indonesia
Screenshot Play Store

Masyarakat yang belum masuk dalam daftar penerima manfaat bansos PKH, bisa melakukan pengajuan diri. Daftar bansos online bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga tidaklah sulit untuk dilakukan.

Program Bantuan Keluarga Harapan dapat membantu perekonomian masyarakat agar kembali stabil dan mampu memenuhi kebutuhan dengan baik.

Proses pendaftaran sangat mudah dilakukan melalui aplikasi secara online. Agar dapat mengajukannya dengan lancar, pahami tata caranya sebagai berikut.

  • Dapatkan aplikasi cek bansos melalui Google Play Store. Agar lebih mudah silahkan klik URL berikut [Dana Bansos Chek]
  • Setelah aplikasi selesai dipasang, silahkan langsung membukanya. Tekan Buat Akun Baru untuk mulai mendaftar.
  • Masukkan nomor KK dan KTP .
  • Masukkan data yang dibutuhkan secara lengkap, diantaranya seperti nama, alamat, email, dan lainnya. Pastikan untuk menginput data dengan lengkap dan benar.
  • Upload beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan lain sebagainya. Pastikan foto yang diupload terlihat dengan jelas.
  • Tekan Registrasi untuk melanjutkan proses.
  • Proses pendaftaran akun akan diaktivasi oleh pihak Kemensos. Pemberitahuan selanjutnya akan dikirimkan melalui email.
  • Periksa email untuk mengetahui informasinya. Setelah akun terverifikasi, Anda bisa langsung mengusulkan untuk penerimaan bansos.
  • Pilih bagian menu Daftar Usulan .
  • Pilih jenis bansos PKH atau BPNT .
  • Masukkan informasi yang dibutuhkan dan unggah dokumen tambahan seperti rumah tampak bagian depan dan foto KTP.
  • Tekan tombol Tambah Usulan untuk mendaftar bansos.
  • Proses pengusulan bansos telah selesai dilakukan. Tunggu informasi selanjutnya untuk dapat mengetahui hasilnya.
Flash News Indonesia
cek bansos di aplikasi dengan ktp

Cara memperbaiki Error pada Aplikasi Cek Bansos by Kemensos

Ketika menggunakan sebuah aplikasi, tentu ada saja berbagai kendala yang mungkin terjadi. Diantaranya seperti mengalami error, tidak bisa login, lag, tidak bisa daftar bansos dan lain sebagainya. Hal ini tentu dapat menghambat kegiatan yang bisa dilakukan melalui aplikasi.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan aplikasi mengalami masalah. Jika mengalami kendala saat menggunakan aplikasi, Anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini.

1.Hapus Data

Jika terjadi kendala saat menggunakan aplikasi, cobalah untuk menghapus datanya terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan jika Anda tidak bisa membuka aplikasi bansos  atau permintaan proses tidak bisa di submit.

Masalah error seperti ini umumnya terjadi karena server yang digunakan aplikasi sedang penuh dengan permintaan.

Banyaknya data yang masuk membuat server jadi sibuk dan sulit diakses. Dengan menghapus data, Anda dapat mengulang langkah untuk dapat menggunakan aplikasi kembali.

2. Hapus Cache

File sampah yang terbentuk akibat penggunaan aplikasi seringkali membuat perangkat menjadi penuh dan mengalami lag. Hal ini membuat aplikasi bansos  menjadi sulit digunakan atau mengalami gangguan.

Jika mengalami lag saat menggunakan aplikasi, cobalah untuk menghapus cachenya terlebih dahulu. Ini dapat menjadi cara awal untuk mengatasi lag pada aplikasi agar proses permintaan data dapat dilakukan secara lebih optimal.

Dengan menghapus cache, Anda dapat mengoptimalkan kembali kinerja ponsel sehingga dapat digunakan secara lebih efektif.

3.Hubungi Admin

Jika berbagai upaya sudah dilakukan, namun kendala belum juga teratasi. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menghubungi pihak admin.

Apabila mendapatkan email, namun ketika verifikasi dilakukan akan mengalami error maka segera hubungi admin untuk mendapatkan solusi. jujur ​​kunjungi website Kemensos https://kemensos.go.id/ kemudian hubungi admin untuk menanyakan masalah yang dialami.

Tata Cara Mengajukan Sanggahan

Sanggahan bisa diberikan jika Anda menemukan receiver yang dianggap tidak layak. Saat ini Kemensos juga berupaya untuk mendorong masyarakat agar dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan kinerja pemerintah.

Terutama dalam hal pemilihan penerima data manfaat bansos. Dalam proses seleksi, bisa saja kesalahan dilakukan. Untuk itu Kemensos memberikan kebebasan bagi masyarakat agar bisa mengajukan sanggahan.

Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda menemukan ketidaksesuaian dalam penerimaan bantuan sosial. Dengan adanya hal ini, pengalokasian dana bantuan dapat lebih tepat sasaran sehingga mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tidak perlu khawatir dengan data pribadi, karena semua data pemberi sanggahan akan dirahasiakan. Seperti inilah cara mengajukan sanggahan.

  • Akses app cek bansos yang telah terpasang pada ponsel.
  • Pada bagian daftar menu, silahkan pilih Sanggahan .
  • Input identitas penerima yang dianggap tidak layak pada bagian yang telah disediakan.
  • Tekan bagian opsi Tanggapan Kelayakan .
  • Akan tersedia dua icon yang tersedia yaitu Like dan Dislike . Silahkan pilih sesuai dengan sanggahan yang ingin disampaikan.
  • Tekan Kirim Tanggapan untuk mengirimnya.

Tutorial Pengecekan Penerima Bansos UMKM Lewat Sistem Online

Berbagai kemudahan dihadirkan oleh pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar bisa mendapatkan informasi secara lebih cepat dan akurat. Hal inilah yang membuat pemerintah memperbarui untuk menghadirkan sistem online dalam proses pengecekan penerima bantuan sosial.

Pelaku usaha dapat mengakses halaman eform BRI untuk dapat mengecek detailnya. Cara pengecekan melalui halaman ini tidaklah sulit dan bisa dilakukan melalui berbagai perangkat. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan browser saja. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Akses app browser pada perangkat dan silahkan masukkan link berikut ini https://eform.bri.co.id/bpum
  • Halaman utama situs akan terbuka dan membutuhkan beberapa informasi untuk proses pengecekan.
  • Masukkan NIK pada kolom yang tersedia. Pastikan untuk memeriksa nomor NIK yang dimasukan dan jangan sampai salah.
  • Input Captcha yang muncul untuk keperluan verifikasi.
  • Tekan tombol Proses Permintaan untuk mulai mencari data.
  • Proses pencarian akan membutuhkan waktu beberapa saat. Akan muncul informasi terkait apakah menerima bansos atau tidak.
  • Jika menjadi penerima manfaat, pihak yang bersangkutan bisa langsung mencairkan dana bantuan di kantor BRI yang telah ditentukan.
  • Klik bagian Reservasi untuk dapat menjadwalkan kedatangan ke bank.
  • Pilih tanggal dan waktu sesuai dengan keinginan. Nantinya akan muncul jaminan, nomor registrasi, serta dokumen yang dibutuhkan.
  • Silahkan datang ke lokasi bank BRI sesuai dengan waktu yang dipilih. Bawa serta dokumen persyaratan administrasi yang sudah diinformasikan.
  • Pencairan dana akan dilakukan langsung di kantor cabang dan manfaat penerima akan menerima uang tunai.

Aplikasi bansos dapat digunakan untuk pengecekan keikutsertaan dalam program bantuan sosial. Layanan app dapat dimanfaatkan secara gratis. Melalui aplikasi Anda bisa mengetahui apakah berhak mendapatkan bansos atau tidak. Pengajuan kepesertaan juga bisa dilakukan melalui app.

 

Baca Artikel lain Juga Mengenai Aplikasi